• Sabtu, 30 September 2023

Barung Jaipong turut meriahkan penutupan Pekan Kebudayaan Daerah 2023 Kabupaten Subang

- Kamis, 1 Juni 2023 | 11:40 WIB
Barung Jaipong meriahkan penutupan Pekan Kebudayaan Daerah 2023 pada Rabu malam 31 Mei 2023
Barung Jaipong meriahkan penutupan Pekan Kebudayaan Daerah 2023 pada Rabu malam 31 Mei 2023

GENMILENIAL.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menutup rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah dalam rangka Milangkala ke-75 Kabupaten Subang pada Rabu, 31 Mei 2023.

Penutupan tersebut dilakukan dengan Pagelaran Ruwat Jagat yang dihadiri langsung oleh Bupati Subang H. Ruhimat (Kang Jimat) dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi (Kang Akur).

Ketua Panitia HUT ke-75 dan juga Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni mengatakan bahwa Pagelaran Ruwat Jagat menjadi puncak Pekan Kebudayaan Daerah 2023. 

Baca Juga: Milenial Indonesia kukuhkan kepengurusan 34 Provinsi se-Indonesia

"Meningkatkan kecintaan kita kepada Potensi Budaya Kabupaten Subang, menjadi edukasi bagi warga Kabupaten Subang untuk meningkatkan animo terhadap budaya sendiri," kata H. Asep Nuroni

"Insya Allah akan menjadi hiburan bagi masyarakat Kabupaten Subang dalam rangka HUT ke-75 Kabupaten Subang," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, diberikan pula penyerahan Anugrah Budaya yang diberikan kepada 11 orang seniman dan budayawan yang dipilih oleh para kurator yang juga Dosen Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Baca Juga: Polsek Cikaum, berhasil amankan 2 pelaku pencurian besi bekas rel Kereta Api

Para dosen ISBI tersebut yaitu Dr. Suhendi Afrianto, Dr. Lili Suparli, dan Dr. Dinda Satya Upaja Budi, sedangkan untuk penyerahan penghargaan diberikan secara langsung oleh Bupati Subang H. Ruhimat (Kang Jimat).

Selanjutnya, dilaksanakan Ruwat Jagat dan pembacaan serat Jawara oleh Agustias Amin dan serat Jawara tersebut diserahkan kepada Bupati Subang dan Wakil Bupati Subang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Tatang Komara menyebut bahwa Pekan Kebudayaan Daerah tersebut telah direncanakan sejak lama, namun terkendala covid 19.

Baca Juga: Meraup cuan, yuk segera ambil berbagai peluang bisnis ini!

"Harapan besar seperti keinginan Pak Bupati untuk menyuguhkan sesuatu yang besar untuk masyarakat Kabupaten Subang, baru tahun ini baru bisa dilaksanakan," kata Tatang Komara.

Tatang juga menyebut bahwa Pekan Kebudayaan Daerah 2023 sebagai sarana untuk menyatukan masyarakat yang ada di Kabupaten Subang menuju Subang Jawara.

Halaman:

Editor: Yaya Suryana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X