Hasil studi, konsumsi ikan bisa bantu tingkatkan kinerja otak, ini rekomendasi para ahli untuk pola makan yang seimbang

photo author
Ghin Ninda Wr, Genmilenial
- Sabtu, 27 Juli 2024 | 11:59 WIB
Ikan segar (Pixabay_shulawaining)
Ikan segar (Pixabay_shulawaining)

GENMILENIAL.ID - Banyak dari kita yang mendengar nasihat dari orang tua untuk makan ikan agar menjadi pintar.

Apakah ini hanya mitos belaka, ataukah ada dasar ilmiah yang mendukung klaim tersebut? Berdasarkan penelitian terbaru, jawabannya tampaknya mengarah pada yang kedua.

Kandungan gizi dalam ikan

Ikan dikenal sebagai sumber protein berkualitas tinggi dan rendah lemak jenuh.

Namun, yang lebih menarik adalah kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan, khususnya DHA (Docosahexaenoic Acid) dan EPA (Eicosapentaenoic Acid).

Asam lemak omega-3 ini ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden.

Baca Juga: Disaksikan Presiden Jokowi, Aaliyah Massaid sah jadi istri Thariq Halilintar

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 memiliki peran penting dalam perkembangan otak dan fungsi kognitif.

Penelitian ilmiah mendukung

Beberapa studi menunjukkan hubungan antara konsumsi ikan dengan peningkatan fungsi kognitif.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Neurology' menemukan bahwa orang dewasa yang makan ikan setidaknya sekali seminggu memiliki volume materi abu-abu otak yang lebih besar di area yang terkait dengan memori dan kognisi dibandingkan dengan mereka yang jarang makan ikan.

Penelitian lainnya, yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, menunjukkan bahwa konsumsi ikan yang kaya akan DHA dan EPA berhubungan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Baca Juga: Kimberly Ryder resmi laporkan suaminya Edward Akbar ke Polres jakarta Selatan atas kasus dugaan penggelapan mobil

Hal ini mungkin disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dan neuroprotektif dari asam lemak omega-3.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Ghin Ninda Wr

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X